akun google

Bingung Menghapus Akun Google Gmail? Begini Cara

Karena beberapa alasan, terkadang terbesit pikiran untuk menghapus akun Google yang digunakan. Caranya sendiri sebenarnya sangat mudah, bahkan seperti  cara menghapus email pada umumnya.  Seperti pada layanan digital lainnya, selain dapat membuat akun, Google juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk menghapus akun bagi penggunanya. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat kehilangan semua yang berkaitan dengan akun Google yang akan dihapus, mulai dari data sampai konten-konten lainnya seperti email, kalender, file, dan foto. Selain itu, penting pula untuk diperhatikan jika pengguna nantinya juga tidak dapat menggunalakan layanna Google kembali dengan akun tersebut seperti Gmail, Kalender, Drive, dan Google Play. Dan termasuk pula kehilangan akses langganan serta konten-konten yang sudah terbeli dnegan menggunakan akun tersebut seperti game, film, aplikasi, music, hingga acara TV.

Cara Menghapus Akun Google

Jika  anda sudah merasa yakin untuk menghapus akun Google, berikut ini cara yang bisa anda lakukan:

  • Pertama kali bukalah halaman untuk menghapus akun Google pada browser yang digunakan. Pengguna dapat menggunakan broser pada komputer maupun perangkat seluler
  • Nantinya anda akan dilempar menuju halam sign pada akun Google, nantinya pengguna dapat mengisi data dan password akun yang akan anda hapus
  • Jika sudah, anda bisa meninjau ulang mana saja yang akan terhapus
  • Sambil melakukan peninjauan ulang akun, anda bisa menggulirkan layar di bagian bawah pada halaman “Delete your Google Account”
  • Jika sudah, anda bisa mencentang dua checkbox untuk memastikan jika anda ingin benar-benar menghapus akun tersebut
  • Setelah itu pilihlah “Delete Account” dan kemudian tinggal mengikuti langkah selanjutnya
  • Dan yang terakhir nantinya akan ditampilkan halama “Kami Sedit Melihat Anda Pergi” serta informasi lainnya tentang bagaimana cara untuk memulihkan akun Google tersebut kembali namun hanya dalam waktu terbatas saja.
Baca Juga :  Cara Print Screen Windows Mudah Diingat

Beberapa hal penting yang anda perlu ketahui sebelum ingin memutuskan menghapus akun Google adalah tindakan yang anda lakukan ini berlaku permanen, dan semua layanan Google yang terhubungkan juga ikut menghilang. Sangat berbeda dengan Yahoo, pengguna diberikan waktu 30 hari setelah penghausan akun Yahoo mail tersebut. Sehingga dalam jangka waktu tersebut, akun Yahoo bisa dipulihkan kembali. Untuk Google, tidak ada penjelasan mengenai tenggang waktu yang diberikan untuk pembatalan akun yang dihapus. Sehingga pertimbangkan baik-baik sebelum anda akan melakukan langkah-langkah diatas.

Namun jika anda tidak menginginkan untuk menghapus keseluruhan, maka anda bisa mencoba menghapusnya per bagian, mulai dari menghapus Gmail, menghapus aplikasi yang bertautan dengan akun, atau menghapus layanan Google lainnya. Misalnya sajauntuk menghapus akun Gmail, ada 2 cara yang bisa anda coba lakukan.

  • Bagi pengguna Android, anda bisa langsung swipe untuk menghapus email pada Gmail. Secara default, cara swipe ini diperuntukkan jika pengguna ingin mengarsipkan email pada aplikasi Gmail. Dan untuk mengubahnya, anda bisa membuka pada aplikasi Gmail dan pilih menu yang berada di sudut kiri atas. Kemudian gulir layar ke atas agar dapat menemukan Settings Selanjutnya pilih General Setting dan pilih opsi default action dan klik delete.
  • Bagi pengguna iOS, buka aplikasi Gmail dan kemudian tap pada ikon menu yang ada di pojok kiri atas. Setelah itu pilih settings dan kemudian pilih alamat email mana yang akan digunakan. Klik when removing messages, I prefer to….dan setelah itu klik Move to trash